Dahlan Iskan Bakal Lengserkan Direksi BUMN yang Tak Dukung Rencana Holding

Jakarta - Menteri BUMN Dahlan Iskan menegaskan pembentukan holding atau induk usaha yang membawahi beberapa BUMN dengan sektor bisnis yang sama akan terus dipercepat. Direksi BUMN yang tidak setuju dengan pembentukan holding akan diganti.

"Saya akan melakukan pergantian manajemen. Ketika pembentukan holding, direksi masing-masing perusahaan, pemikirannya tidak sejalan dengan pembentukan holding, kita akan ganti," tutur Dahlan di acara diskusi industri semen di kantor Harian Bisnis Indonesia, Jakarta, Senin (25/3/2013).


Saat ini, perizinan pembentukan holding sedang berlangsung, namun khusus untuk holding perkebunan, kehutanan, dan farmasi, prosesnya berlangsung cukup alot.


Pada kesempatan yang sama, Dahlan menjelaskan, pembentukan holding sangat berpengaruh terhadap perubahan kinerja perusahaan pelat merah ke arah yang positif. Hal ini telah terbukti pasca pembentukan holding pupuk yaitu PT Pupuk Indonesia Holding Company. Demikian juga dengan holding BUMN semen melalui PT Semen Indonesia Tbk.


"Pengalaman Pupuk Indonesia, begitu digabung, kinerja berubah makin baik. Ini belajar dari Semen Gresik," tegasnya.


Selain itu, Dahlan dalam waktu dekat mengatakan akan merealisasikan pembentukan holding BUMN yang bergerak di bisnis peti kemas.


(feb/dnl)