Pagi-pagi, Dahlan Iskan Turun ke Tol Grogol-Semanggi Pantau Contra Flow

Jakarta - Menteri BUMN Dahlan Iskan hari ini menyaksikan ujicoba sistem contra flow atau lawan arus pada ruas tol Grogol ke Semanggi milik PT Jasa Marga Tbk. Sistem ini dilakukan untuk mengurai kemacetan yang sangat padat dari kendaraan arah Grogol menuju pusat kota.

Pada saat menyaksikan ujicoba tersebut, Dahlan mengaku bangga dengan cepatnya realisasi ide pengurai kemacetan di tol dalam kota. Dahlan langsung turun ke jalan tol ini mulai pukul 07.00 WIB.


"Realisasi contra flow lebih cepat dari yang saya perkirakan. Saya mengucapkan terima kasih kepada Jasa Marga," tutur Dahlan seperti disampaikan Kepala Humas Kementerian BUMN Faisal Halimi kepada detikFinance, Senin (25/3/2013).


Penerapan sistem ini akan terus dikaji dan dievaluasi oleh pihak Jasa Marga. Faisal menjelaskan, untuk contra flow tahap lanjutan yakni rute Cawang ke Rawamangun, masih terus dikaji sebelum dilakukan ujicoba.


Pada acara ujicoba yang dilakukan di KM 15-200 Grogol, Jakarta Barat ini, Dahlan didampingi oleh Direktur Utama Jasa Marga Adityawarman dan Direktur Operasi Jasa Marga Hasanudin.


Disampaikan Faisal, hasil dari sistem contra flow ini sangat baik dan mengurangi kemacetan, walau tidak bisa menghapuskan kemacetan seluruhnya. Karena contra flow ini baru dimulai pagi ini.


"Nanti akan dievaluasi untuk perbaikan (baik pintu keluar atau lainnya) sehingga benar-benar dapat mengurai tingkat kemacetan. Biasanya kalau jam 7 macet sudah sampai Pluit. Namun dengan adanya contra flow tadi jauh berkurang. Dilaporkan, saat ini ekor kemacetan sudah sangat jauh berkurang. Jika demikian, maka contra flow-nya tidak mesti sampai jam 9," papar Faisal.


(feb/dnl)