SMI Suntik Rp 300 Miliar untuk Proyek Tol Cikampek-Palimanan 116 Km

Bogor - PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) telah menyiapkan fasilitas pembiayaan 2 proyek baru di tahun ini sebesar Rp 500 miliar.

Kedua proyek itu antaralain tol Cikampek-Palimanan sepanjang 116,75 km senilai Rp 300 miliar dan pembangunan mini hydro berkapasitas 70 megawatt di Sumatera senilai Rp 200 miliar.


"Pembiayaan yang paling baru tahun ini ada mini hydro Sumatera Rp 200 miliar. Jalan tol Cikampek-Paliman porsinya Rp 300 miliar sudah komitmen," kata Direktur Utama SMI Emma Sri Martini usai acara Media Gathering, di Hotel Aston Bogor, Minggu (24/3/13).


Ia mengatakan, pihaknya akan terus melakukan pembiayaan yang difokuskan pada sektor infrastruktur dan ketenagalistrikan. "Kita akan tetap fokus di 2 sektor utama yaitu infrastruktur dan ketenagalistrikan," ujarnya.


Emma menjelaskan, untuk proyek jalan tol Cikampek-Palimanan, proyek tersebut nantinya akan bekerjasama dengan 4 konsorsium, namun dia belum mau memberikan secara rinci investor yang akan digandeng. "SMI membuat transaksi besar dan bersinergi dengan sumber-sumber lainnya, harus menggandeng stakeholder terkait," ujarnya.


Menurut Emma, proyek pembangunan jalan tol Cikampek-Palimanan sudah pada tahap pembebasan lahan. "Financial closing sudah 100% selesai. Pembebasan lahan hampir 100 persen," terangnya.


Total investasi tol ini menelan Rp 12,562 triliun termasuk Rp 550 miliar untuk pembebasan lahan, jika tak ada aral melintang tol ini akan rampung 2014.

Sementara itu, SMI juga telah menyiapkan untuk proyek mini hydro di Sumatera yang berkapasitas 70 megawatt.


"Total 70 megawatt karena mini hydro di bawah 10 megawatt. Kita belum closing. Yang sudah ada dalam pipeline untuk proyek-proyek baru 2013, ada gas, mini hydro, pelabuhan, bandara," kata Emma.


(hen/hen)