Gita Wirjawan Ingin Harga Daging di Rp 75.000/Kg

Jakarta - Menteri Perdagangan, Gita Wirjawan menegaskan harga daging sapi harus berada di kisaran Rp 75.000/kg. Harga ini, serupa dengan rata-rata harga daging sapi tahun 2012. Sedangkan saat ini, harga daging sapi dijual dengan kisaran Rp 90.000/kg.

"Harapannya, harga rata-rata daging harus Rp 75.000 (per kg) sama dengan tahun lalu. Nggak boleh lebih!," tutur Gita usai blusukan atau sidak di Pasar Klender, Jakarta Timur, Minggu (12/5/2013).


Menurutnya, harga ini bisa turun dalam waktu dekat setelah program penambahan kuota impor daging sapi disetujui pemerintah.


"Ini sudah dilakukan pembicaraan, dengan kementerian terkait. Dalam waktu dekat pasokan akan ditingkatkan, sehingga pasokan banyak, pembelinya jadi tidak komplain," tambahnya.


Selain daging, usai blusukan di pasar Klender, mantan Bos BKPM ini menilai harga dan pasokan kebutuhan pokok di luar daging sapi relatif aman. Meskipun ada wacana kenaikan harga BBM, harga kebutuhan pokok akan tetap terjaga sepanjang pasokan tidak terganggu cuaca.


"Untuk semua seperti beras, bawang putih, merah, buah-buahan, sayur-sayuran, ayam dan telur, cabai sudah aman. Cuma daging sapi aja yang belum. Ini yang harus disikapi dalam waktu dekat," tegasnya.


(feb/dru)