Hatta: Besok Menkeu Baru Dilantik, Bukan dari Kalangan Parpol

Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa mengungkapkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) telah mengantongi nama Menteri Keuangan yang baru untuk menggantikan dirinya yang saat ini menjabat sebagai Pelaksana tugas (Plt) Menteri Keuangan. Hatta mengatakan Presiden SBY siap melantiknya besok, Selasa (14/5/2013).

"Menkeu besok dilantik," kata Hatta ketika ditemui di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (13/5/2013).


Dijelaskan Hatta, Menteri Keuangan yang baru nantinya bukan dari kalangan Partai Politik (Parpol). Sayangnya Ketua Umum PAN ini enggan berkomentar lebih banyak mengenai sosok Menteri Keuangan baru itu.


"Kalangan kita juga. Yang pasti tidak dari parpol," tutur Hatta.


Seperti diketahui, Hatta Rajasa secara resmi telah menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Keuangan menggantikan Agus Martowardojo. Namun, penunjukan tersebut menuai banyak kontra dari berbagai kalangan.


Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi mendesak Presiden SBY agar secepatnya menunjuk Menteri Keuangan yang baru.

"Pak Hatta secepatnya tidak merangkap di Menteri Keuangan. Saya harapkan itu karena kasihan dia. Ini kan Hatta bukan Superman yang bisa merangkap Menko, Menkeu dan partainya. Secepatnya sehingga Pak Hatta bisa konsentrasi pada tugasnya," cetus Sofjan.


Sementara itu, nama Menteri Keuangan yang santer terdengar yakni Armida Alisjahbana yang saat ini menjabat sebagai Menteri Negara PPN/Kepala Bappenas kemudian Gita Wirjawan yang menjabat sebagai Menteri Perdagangan. Adapula nama seperti Chatib Basri (Kepala BKPM) dan Darmin Nasution (Gubernur BI yang segera habis masa jabatannya digantikan Agus Marto).


(dru/dnl)