Jelang Tahun Ajaran Baru, Transaksi Pegadaian Melonjak 20%

Jakarta - Minat masyarakat untuk menggunakan jasa Pegadaian masih tinggi terutama menjelang liburan atau tahun ajaran baru. Masyarakat biasanya meminjam uang dengan cara menggadai barang seperti emas dan barang elektronika lainnya.

Kepala Cabang PT Pegadaian (Persero) Pasar Senen, Arief Rinardi Sunardi mengatakan permintaan jasa pegadaian saat menjelang liburan sekolah di bulan pada Juni meningkat hingga 20%.


"Biasanya dari pengalaman-pengalaman sebelumnya, permintaan naik sampai 20% saat menjelang liburan. Ada kenaikan permintaan di bulan Juni," ujarnya kepada detikFinance, di Kantor Cabang Pasar Senen, Jakarta Pusat, Selasa (14/5/2013).


Ia menjelaskan, biasanya para orang tua yang ingin mendaftarkan anaknya masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi membutuhkan biaya besar. Mereka memilih jasa Pegadaian untuk solusi meminjam uang atau pun menggadaikan barang.


"Orang tua kan biasanya bulan-bulan liburan itu mereka butuh banyak uang untuk sekolah anaknya. Apalagi yang mau kuliah kan sekarang biaya mahal, biasanya mereka ke sini, ada yang pinjam, ada juga yang gadai," kata Arief.


Terkait hal itu, dia mengatakan, pihak Pegadaian menyiapkan dana lebih untuk memenuhi permintaan masyarakat. "Kita siapkan dana lebih untuk kepentingan mereka. Kita tambah persediaan dari biasanya," katanya.


Tercatat, selama Januari hingga April 2013 saja, transaksi emas di Pegadaian cabang Senen, Jakarta Pusat sudah mencapai 6.208 gram dengan nilai Rp 3,4 miliar. Angka itu lebih tinggi dari transaksi periode yang sama tahun sebelumnya yang hanya Rp 1 miliar atau sebesar 1.965 gram.


(hen/hen)