Jero Wacik: Investor yang Tak Ikut Aturan Indonesia, Jadi Turis Saja!

Jakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik meminta para investor khususnya sektor minyak dan gas (migas) patuh terhadap aturan di Indonesia. Sedikit menyindir, Jero meminta investor asing yang tak patuh sebaiknya jadi turis saja.

"Kalau tidak mengikuti aturan, itu yang dipikirkan Anda sebagai investor lebih jangan. Lebih baik datang sebagai turis. Silahkan jalan-jalan, main golf dan pulang. Kami tidak mau seperti itu," ungkap Jero saat pembukaan konvensi dan pameran Indonesian Petroleum Association (IPA) ke-37 di JCC senayan, Jakarta, Rabu (14/5/2013)


Aturan tersebut adalah 4 pilar dalam hal berinvestasi, yaitu pro growth, environment, job dan poor.


"Kalau investor mikirnya investasi tidak usaha mikirkan pertumbuhan, tidak peduli misalnya, atau investasi tadi tidak memberikan lapangan kerja, atau tidak peduli untuk menjaga dan memlihara lingkungan, saya tegaskan lebih baik jangan berinvestasi," paparnya.


Menurut Jero, investor layak untuk mengikuti aturan tersebut. Pasalnya pemerintah juga telah membuka banyak jalan untuk mempercepat investasi, terutama untuk kepastian hukum. Sejauh ini, menilai investor migas sudah mematuhi aturan pemerintah.


"Saya melihat semangat industri migas luar biasa termasuk untuk ikut membangun Indonesia," pungkasnya.


Terkait insentif fiskal eksplorasi yang dikeluhkan investor, Jero berjanji akan segera mempercepat proses keringanannya.


"Salah satu yang dikeluhkan, adalah insentif di bidang eksplorasi. Nanti saya mengharapkan bapak presiden memberikan respons bagaimana ini. Karena walaupun 1,5 tahun sisa menjabat. Saya yakin, jika diputuskan sekarang Menteri ESDM setelah saya akan senang. Lebih mudah menjalankan sesuatu nantinya," pungkas Jero.


(hen/hen)