4 Orang Tewas, 25 Orang Masih Terjebak Runtuhan Tambang Freeport

Jakarta - Sudah satu hari lebih, masih ada 25 orang yang terjebak dalam runtuhan tambang emas bawah tanah Freeport di Papua. Hingga kini jumlah korban tewas yang ditemukan mencapai 4 orang.

"Ini sungguh menyedihkan bagi kami. Kami berdoa untuk korban dan keluarga yang ditinggalkan. Kami akan terus berusaha sebaik mungkin untuk mengevakuasi pekerja yang terjebak," ujar Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Rozik B. Soetjipto dalam keterangan kepada detikFinance, Rabu (15/5/2013).


Menurut keterangan Freeport, ada 39 total pekerja yang tertimpa musibah runtuhnya tambang bawah tanah tersebut. Sebanyak 10 orang telah diselamatkan dan luka-luka, sebanyak 4 orang ditemukan tewas, dan sisanya masih terjebak.


Adapun nama 4 orang yang tewas adalah Ateus Marandof, Selpianus Edowai, Yapinus Tabuni, dan Aan Nugraha.


Sepuluh orang yang luka-luka saat ini dirawat di rumah sakit Tembagapura, dan akan segera diterbangkan ke Jakarta untuk mendapat perawatan lebih baik.


Seperti diketahui, runtuhan terjadi pada pintu masuk tambang bawah tanah Big Gossan milik Freeport, kemarin Selasa (14/5/2013) pukul 07.30 WIT.


(dnl/hen)