Kiwoom Securities: Pasar Mixed Positif

Jakarta - Pasar Mixed Positif. Positifnya Dow Jones dan beberapa bursa regional dapat menjadi faktor pendukung. IHSG menutup perdagangan positif setelah melalui arah perdagangan yang mixed kemarin. Akan tetapi, masih adanya aksi jual asing terlihat dapat memperlambat penguatan lanjutan. Oleh karena itu, kami memperkirakan IHSG akan mixed dengan kecenderungan menguat hari ini.

AALI – Statistik operasional 4M 2013


PT Astra Agro Lestari (AALI) membukukan kenaikan produksi CPO sebesar 19.9%Yoy menjadi 472,179 ton pada 4M 2013 Vs 393,673 ton pada 4M 2012 lalu. Naiknya kinerja didukung oleh kenaikan produksi tandan buah segar (TBS) sebesar 8.1%Yoy menjadi 1.62 juta ton serta kenaikan pembelian TBS dari pihak luar. Produktifitas kebun naik dengan yield mencapai 6.9 ton/Ha pada 4M 2013 Vs 6.3 ton/Ha pada 4M 2012 lalu. Extraction rate juga naik menjadi 22.46% pada 4M 2013 Vs 22.35% pada 4M 2012 lalu.


AKRA – Proyek pelabuhan


PT AKR Corporindo (AKRA) akan memulai tahap I proyek Java Integrated Industrial and Ports Estate (JIIPE) diatas lahan seluas 700 Ha di Gresik, Jawa Timur. Proyek tersebut meliputi pembangunan dermaga sepanjang 600 meter dan ditargetkan selesai pada 2H 2015. Kebutuhan dana investasi mencapai Rp 7-8 Triliun yang akan dibiayai dengan kas internal, modal disetor PT Pelindo III, penjualan aset, sisa dana emisi obligasi, serta pinjaman bank. Tahun ini AKRA mengalokasikan dana belanja modal mencapai US$ 30 Juta diluar kebutuhan investasi proyek pelabuhan.


BSDE – Nonpreemptive rights


PT Bumi Serpong Damai (BSDE) berencana menerbitkan sebanyak-banyaknya 1.75 miliar lembar saham baru (10% saham) melalui proses non-preemptive rights. Harga penawaran ditetapkan minimal Rp 1,691 yang merupakan harga penutupan rata-rata 25 hari bursa sebelum pengumuman rencana. Dengan demikian target perolehan dana mencapai Rp 2.96 Triliun yang akan dialokasikan untuk akuisisi tanah, pengembangan proyek, dan modal kerja perusahaan. Rencana tersebut menunggu persetujuan RUPSLB 30 Mei 2013.


MYOR – Penggunaan merek kopi Ayam Merak


PT Mayora Indah (MYOR) sudah menandatangani perjanjian pemakaian merek dengan PT Ayam Merak. Manajemen MYOR mengungkapkan hanya menggunakan lisensi merek dan bukan akuisisi. Perjanjian penggunaan merek kopi Ayam Merak sejak tahun lalu dikarenakan MYOR menganggap kopi merek Ayam Merak dikenal oleh masyarakat. Perjanjian merek ini yang dibatasi oleh waktu menurut MYOR saling menguntungkan kedua belah pihak. Sebelumnya MYOR telah memproduksi beberapa merek kopi dibawah anak usahanya, PT Torabika Eka Semesta.


SULI & TKIM – Gugatan pemegang saham


Pemegang saham PT Sumalindo Lestari Jaya (SULI), Deddy Hartawan Jamin, menyampaikan bukti terkait gugatan atas penjualan 60% saham SULI kepada PT Tjiwi Kimia (TKIM). Deddy Hartawan Jamin tercatat memiliki 14.3% saham SULI per 30 April 2013. Kuasa hukum SULI menilai bukti yang diajukan berkaitan dengan foto satelit tentang potensi tambang sangat tidak relevan dengan substansi perkara gugatan yang disidangkan. Kuasa hukum SULI mengklaim proses penjualan saham SULI kepada TKIM telah memenuhi persyaratan UU yang berlaku.


TELE – Akuisisi distributor Samsung dan iPhone


PT Tiphone Mobile Indonesia (TELE) akan merealisasikan rencana akuisisi distributor Samsung dan iPhone yang masih dalam tahap finalisasi. Setelah akuisisi tersebut, TELE akan memaksimalkan penjualan iPhone dan Samsung karena porsi penjualan smartphone TELE baru 20% dari total penjualan ponsel perusahaan saat ini. Tujuan dari akuisisi tersebut karena dari segi perolehan margin, nilainya lebih tinggi ketimbang ponsel fitur lainnya. TELE telah mengalokasikan belanja modal Rp 500 Miliar untuk tahun ini yang sudah termasuk dana untuk akuisisi. Tahun ini, TELE juga menargetkan menambah jumlah reseller sebesar 15% yang saat ini jumlah reseller TELE sebanyak 175,000 reseller.


(dru/dru)