Pilih Orang Lokal, Pertamina Tak Mau Rekrut Pekerja Asing

Jakarta - PT Pertamina (Persero) sampai saat ini terus berusaha memberdayakan potensi lokal untuk menjadi pegawainya. Dalam setiap perekrutan pegawai baru, Pertamina hanya membuka untuk warga negara Indonesia (WNI). Kecuali untuk operasinya di luar negeri.

Vice President Corporate Communication Pertamina Ali Mundakir mengatakan, untuk perekrutan karyawan katagori lulusan baru (fresh graduate), atau yang berpengalaman, Pertamina selalu membuka hanya untuk WNI.


"Untuk internal, belum ada (pekerja asing)," tutur Ali kepada detikFinance, Rabu (15/5/2013).


Namun Pertamina tidak menutup pintu untuk pekerja asing. Ketika telah membuka eksplorasi migas di luar negeri, Pertamina akan menggandeng pekerja lokal setempat.


Masih terkait penerimaan karyawan baru, baik profesional dan lulusan baru, Ali menambahkan porsi penerimaan akan dilakukan seimbang sesuai kebutuhan.


"Seimbang tergantung kebutuhan, recruitment melihat demografi dari pekerja. Untuk mengisi level yang fresh graduate banyak juga dan untuk level butuh keahlian, kita rekrut yang berpengalaman," tambahnya.


Saat ini, Pertamina memiliki sekitar 15.000 pekerja tetap dari berbagai level pendidikan. Sebagian besar pekerja tersebar di daerah operasional Pertamina seperti lokasi pengeboran dan kilang minyak Pertamina.


"Sekarang karyawan resmi 15.000 karyawan. Sebagian besar tersebar di daerah," sebutnya.


Apakah anda tertarik mendaftar sebagai karyawan Pertamina? Anda bisa melihat info lebih detail di recruitment.pertamina.com.


(feb/dnl)