Selain Yogya, Ada 2 Daerah yang Cocok Dibangun Listrik Tenaga Angin

Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian ESDM sudah menyetujui investor asal Amerika Serikat yaitu UPC membangun pembangkit listrik tenaga bayu (PLTB) bertenaga angin di Bantul, Yogyakarta. Ada dua daerah lain juga cocok dibangun PLTB.

Menurut Staf Ahli Menteri Bidang Kelembagaan dan Perencanaan Strategis Kementerian ESDM Wiraatmaja Puja mengatakan, kedua daerah itu berpotensi karena memiliki angin yang cukup besar.


"Setelah itu (Yogyakarta) ke Sidrat (Sulawesi Selatan), dan setelah berhasil kita bergerak ke Sukabumi," tuturnya saat ditemui di Gedung Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (15/5/2013).


Kedua tempat tersebut berpotensi menghasilkan listrik yang jauh lebih besar dari Bantul, Yogyakarta. Sebagai catatan, PLTB yang akan dibangun di Bantul hanya menghasilkan 50 megawatt (MW) listrik.


"Kalau di Sidrat pembangkitnya jauh lebih besar dan Sukabumi juga bisa 200 megawatt. Sukabumi tepatnya di Pangandaran. Lalu kalau di Yogyakarta anginnya stabil dan ada terus ," jelasnya.


Kementerian ESDM terus menekankan penggunaan energi baru terbarukan (EBT). Karena ada beberapa keuntungan bila menggunakan pembangkit tenaga angin bila dibandingkan pembangkit air atau uap.


"Keuntungannya listrik di kita tidak perlu bakar diesel dan batubara," imbuhnya.


(wij/dnl)