OJK Awasi Perbankan, Muliaman dan Agus Marto Lapor ke SBY

Jakarta -Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) lapor ke Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) perihal pengawasan perbankan.

Gubernur BI Agus Martowardojo mengungkapkan segala proses perpindahan pengawasan perbankan dari BI ke OJK berjalan lancar.


"Jadi, dalam kesempatan ketemu dengan presiden kita laporkan persiapan yang telah dilakukan selama 1 tahun terakhir telah bisa dijalankan dengan baik. Kami harapkan OJK yang sekarang akan secara penuh melaksanakan tugasnya karena sudah akan menangani pengawasan bukan hanya pasar modal dan lembaga keuangan non bank, tapi juga perbankan sudah jadi lembaga utuh sebagaimana yang ditetapkan UU OJK," kata Agus Marto saat ditemui di Istana Presiden, Selasa (7/1/2014).


Dari BI sendiri, sambung Agus, telah dilaporkan juga secara umum BI masih akan melaksanakan tugas selain tugas moneter, sistem pembayaran tapi juga pengawasan makro prudensial.


Ketua Dewan Komisioner OJK, Muliaman Hadad menyampaikan selain perpindahan pengawasan bank terdapat beberapa hal lain yang dilaporkan ke SBY.


"OJK juga melaporkan kepada Presiden rencana penguatan kantor OJK di daerah. Nantinya akan banyak sekali berkaitan dengan masyarakat, kegiatan edukasi jadi tugas pokok OJK," kata Muliaman.


Agus Marto hadir didampingi Deputi Gubernur Senior Mirza Adityaswara dan Deputi Gubernur BI Halim Alamsyah. Sedangkan Muliaman datang bersama Wakil Ketua OJK Rahmat Waluyanto, Kepala Eksekutif Pengawasan Perbankan Nelson Tampubolon, dan Kepala Eksekutif Pengawasan Pasar Modal Nurhaida.


Presiden didampingi oleh Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Menko Polhukam Djoko Suyanto, Menkeu Chatib Basri, dan Seskab Dipo Alam.


(dru/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!