3 Juta Hektar Hutan Gundul Tiap Tahun, Prabowo Janjikan Reboisasi

Jakarta -Salah satu program unggulan yang dicanangkan Calon Presiden Prabowo Subianto adalah melakukan reboisasi hutan-hutan gundul, untuk menanggulangi tingginya intensitas bencana alam akibat kerusakan lingkungan.

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Hashim Djojohadikusumo mengatakan, komitmen Probowo tersebut dilatarbelakangi oleh fakta di mana setiap tahunnya 1,7-3 juta hektar hutan rusak di Indonesia.


Munurut Hashim, bila tidak segera ditanggulangi, maka akan ada sekitar 30 juta hektar hutan yang rusak dalam 10 tahun ke depan.


"Sebanyak 1,7 juta sampai 3 juta hektar setiap tahun rusak. Kalau tidak ada tindakan yang cepat, pencegahan pengerusakan hutan-hutan dalam 5 tahun lagi 8 juta atau 15 hektar lagi akan rusak. Jadi 10 tahun bisa sampai 30 juta hektar rusak. Sangat mengerikan," kata Hashim di Hotel Sahid, Jakarta, Senin (2/6/2014).


Kerusakan hutan, lanjut dia, juga telah merusak sumber-sumber kehidupan yang terkandung di dalamnya.


"Itu data pemerintah 58 juta hektar hutan gundul. Akibat pengrusakan mengakibatkan dampak luar biasa dan berat dalam kelangsungan. Semakin banyak rusak, semakin banyak sumber air hilang. Ratusan sumber air di Jawa saja sudah hilang karena banyak gunung yang gundul," kata dia.


Untuk itu, pihaknya mengaku merasa penting untuk melakukan reboisasi bila ketua umum Prabowo terpilih menjadi Presiden Indonesia kelak.Next


(dnl/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!