BI Siapkan Uang Tunai Rp 115 Triliun Jelang Lebaran

Jakarta -Bank Indonesia (BI) telah mempersiapkan kebutuhan uang tunai pada bulan puasa dan lebaran 2014. Mengingat pada periode ini selalu ada peningkatan kebutuhan dibanding bulan-bulan sebelumnya.

Dilaporkan uang tunai yang siap diedarkan sebesar Rp 115 triliun. Naik dibanding periode lebaran tahun 2013 yang sebesar Rp 103 triliun.


"Tahun lalu itu Rp 103 triliun selama lebaran dan puasa, sekarang kurang lebih Rp 115 triliun, dan kita mempunyai stok yang cukup," ungkap Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Uang BI Antonius Lambok Siahaan kepada detikFinance, Kamis (26/6/2014)


Penghitungan tersebut disesuaikan dengan kondisi pertumbuhan ekonomi. Kemudian inflasi, nilai tukar rupiah dan suku bunga kredit secara rata-rata. Di samping juga melihat kebutuhan dari perbankan.


"Nah dari sana kita dapatkan kebutuhan uang yang diedarkan," sebutnya


Ia menuturkan tidak ada pengaruh dari kondisi pemilihan umum presiden (pilpres) yang tengah berlangsung. Termasuk juga berlangsungnya agenda libur anak sekolah pada bulan Juni-Juli.


"Saya tidak melihat karena pemilu atau libur anak sekolah," kata LambokNext


(mkl/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!