Dolar AS Hanya Perkasa di Indonesia, di Asia Keok

Jakarta -Nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) terhadap mata uang di kawasan hari ini melemah. Dolar AS hanya mampu menguat terhadap rupiah di Indonesia.

Seperti dikutip dari data perdagangan Reuters, Kamis (26/6/2014), dolar AS melemah terhadap yen Jepang, dolar Hong Kong, ringgit Malaysia, dolar Taiwan, dolar Singapura, dan won Korea Selatan.


Berikut pergerakan dolar per pukul 11.35 WIB siang ini.



  • Yen Jepang. Dolar AS melemah 0,13% ke 101,74 yen

  • Dolar Hong Kong. Dolar AS melemah 0,04% ke 7,75 dolar Hong Kong

  • Ringgit Malaysia. Dolar AS melemah 0,23% ke 3,21 ringgit

  • Dolar Taiwan. Dolar AS melemah 0,19% ke 29,93 dolar Taiwan

  • Dolar Singapura. Dolar AS melemah 0,09% ke 1,24 dolar Singapura

  • Won Korea Selatan. Dolar AS melemah 0,42% ke 1.061 won Korsel




Pelemahan dolar AS ini terkait dengan pertumbuhan ekonomi AS yang berkontraksi di tiga bulan pertama tahun ini. PDB AS turun 2,9% di tiga bulan pertama tahun ini, lebih dalam daripada prediksi analis yang hanya turun 1%.

Penurunan PDB negeri Paman Sam ini juga merupakan yang terburuk dalam lima tahun terakhir. Sementara terhadap rupiah, dolar AS hingga siang hari ini menguat sampai ke Rp 12.090 per dolar AS. Posisi tertinggi yang bisa diraih dolar AS hari ini bisa menembus Rp 12.091 per dolar AS.


Konflik antar pendukung capres dan cawapres membuat ketidakpastian di pasar. Apalagi banyak beredar kampanye-kampanye hitam dan negatif yang menambah keruh suasana.


(ang/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!