Dubes: Spanyol Melihat ke Timur, Ini Peluang Indonesia

Barcelona -Pemerintah dan pebisnis Spanyol yang selama ini lebih banyak fokus ke Amerika Selatan, kini melihat ke timur. Ada dana investasi USD 640 miliar. Indonesia harus memanfaatkan peluang ini.

Demikian disampaikan Duta Besar RI untuk Kerajaan Spanyol Yuli Mumpuni Widarso kepada detikfinance, seusai seminar Infrastructure-construction Business and Investment Opportunities di Barcelona baru-baru ini.


"Kita beruntung momentumnya bagus, mereka punya look east policy (kebijakan melihat ke timur, red), kita juga punya MP3EI dan ASEAN Connectivity yang menjadi daya tarik," ujar Dubes.


Menurut Dubes, Confederacion Espanola de Organizaciones Empresariales (CEOE) menyarankan pemerintah Spanyol agar melihat ke timur, sebab mereka membaca bahwa timur memiliki potensi besar.


"Kita sudah punya modal take off yaitu MP3EI dan ini sudah diketahui dengan baik oleh pihak pemerintah Spanyol, hanya saja swasta Spanyol belum banyak mengetahui," imbuh Dubes.


Oleh sebab itu, lanjut Dubes, seminar Indonesia: Infrastructure-Construction Business and Investment Opportunities digelar di Barcelona pada Jumat (23/5/2014) sebagai salah satu upaya untuk menjelaskan peluang investasi infrastruktur di Indonesia.


Seminar hasil kerjasama KBRI Madrid, Casa Asia Kemlu Spanyol, dan Cambra de Comerc de Barcelona ini menghadirkan narasumber dari PT Kereta Api Indonesia, PT Wika, PT Jasa Marga, PT Pelindo II, BKPM dan Badan Pengembangan Jalan Tol.Next


(es/es)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!