Shinkansen, Kereta Super Cepat Jepang Sudah Berumur 50 Tahun

Omiya -Tanpa terasa, Jepang telah memiliki kereta super cepat bernama Shinkansen selama 50 tahun. Tepatnya 1 Oktober 1964, kereta peluru ini muncul pertama kali di Jepang.

Kemunculan kereta cepat ini 50 tahun lalu membuat Jepang menjadi negara dengan perekonomian modern. Sistem transportasi di Jepang ini membuat dunia iri.


Dua dekade setelah hancur lebur akibat Perang Dunia II, Jepang bangkit dengan cepat. Shinkansen, kereta yang lokomotifnya berbentuk kepala pesawat muncul dan menjadi titik balik kemajuan Jepang.


"Lewat kemunculan Shinkansen, kami merasa era keterpurukan Jepang akan berakhir secara dramatis," ujar mantan mekanik Shinkansen, Fumihiro Araki, dilansir dari AFP, Rabu (24/9/2014).


"Shinkansen dibuat untuk menjadi kereta tercepat di dunia. Ini memberikan harapan kepada masyarakat Jepang, dan membuat Jepang bisa menatap maju ke depan," imbuh pria berumur 73 tahun yang sekarang menjadi deputi direktur museum kereta di Omiya, utara Tokyo ini.


Mesin pertama yang dipakai Shinkansen bernama 'Hikari' yang berarti cahaya. Nama ini juga bermakna memberi impian kepada masyarakat Jepang.


Shinkansen muncul pertama kali sepekan setelah olimpiade dilakukan di Tokyo. Negara ini tidak peduli meskipun pembangunan sarana untuk kereta cepat ini diambil dari utang yang besar. Next


(dnl/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!