Lapor ke Jokowi, Menhub Jonan Pangkas 200 Izin di Sektor Perhubungan

Jakarta -Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan melaporkan pemangkasan dan penyederhanaan 200 jenis izin di kementeriannya kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Laporan ini juga disampaikan di depan para menteri dan pimpinan negara non-kementerian saat sidang kabinet di Istana Negara.

"Saya cuma lapor bahwa ada sekitar hampir 200 perizinan yang kita sederhanakan atau dipercepat prosesnya," kata Jonan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (3/12/2014).


Menurut Jonan pihaknya tidak akan mempersulit proses perizinan bila persyaratan sudah dipenuhi. Selain itu, izin-izin yang sering diurus oleh operator transportasi bisa disederhanakan atau dipangkas.


"Jadi orang nggak bolak-balik ngurus," sebutnya.


Program tersebut sudah berjalan setelah Jonan bertugas sebagai menteri perhubungan. "Sudah jalan. Itu aja yang saya laporkan, kalau yang lain misal anggaran itu Menteri Keuangan saja lah," ujarnya.


Di tempat yang sama, Menko Maritim Indroyono Soesilo mengapreasiasi pemangkasan dan penyederhanaan perizinan di bidang perhubungan. Menurut Indroyono, Menhub Jonan bekerja sangat cepat.


"Saya kira bagus, itu tolong diangkat lah, itu prestasi padahal baru kerja sebulan loh. Menarik kan, selain membereskan perizinan, memang perizinan nggak harus‎ diperbarui ya sudah, nggak usah setiap tahun lapor," ujarnya.


(feb/hen)