Boediono: Jangan Salah, Ilmu Ekonomi Bukan untuk Cari Duit

Jakarta - Wakil Presiden Boediono meminta anak-anak dapat belajar setinggi mungkin. Bahkan Boediono yang latar belakang pendidikannya ekonomi berpesan kepada pengajar bahwa stigma ilmu ekonomi hanya untuk mencari uang harus dihilangkan.

"Jadi jangan salah, ilmu ekonomi bukan untuk cari duit. Kemuliaannya di bidang pendidikan, tidak semua diukur hanya dengan uang," katanya saat berdialog dengan para pengajar dan siswa siswi di Madrasah Terpadu 1 Kota Malang, Jawa Timur, Senin (25/3/2014).


Ilmu ekonomi menurut Boediono adalah bagaimana membangun dan membantu negara dalam sektor ekonomi.


Boediono juga mengibaratkan siswa-siswi adalah bibit yang siap disemai. Adalah tugas seorang pengajar untuk memelihara bibit tersebut agar dapat tumbuh.


"Saya tidak membayangkan apa yang dikatakan guru saya jika tahu anak didiknya menjadi salah satu pemimpin bangsa," jelasnya.


Suami dari Harawati Boediono ini juga menasehati para pelajar agar dapat terus menentut ilmu hingga keluar negeri.


"Kejar ilmu di mana pun. Bahkan kalau ke luar negeri, kita tidak hanya belajar ilmu pengetahuan tapi belajar diri kita sendiri," terangnya.


Namun, para pejara diminta untuk pulang ke Indonesia untuk membangun setelah menimba ilmu di luar negeri. "Jangan nyantol," ucapnya yang disambut tawa hadirin.


(fiq/ang)