TNT Express Bakal Pangkas 4.000 Karyawan

Amsterdam - Perusahaan jasa pengiriman cepat asal Belanda yaitu TNT Express berencana memangkas 4.000 karyawan atau setara dengan 6% dari total karyawannya. Ini dilakukan untuk menaikkan laba perusahaan.

Rencana pemangkasan karyawan ini dilakukan untuk menekan beban usaha senilai US$ 286 juta (220 juta euro) atau sekitar Rp 2,7 triliun pada 2015. TNT juga bakal membayar biaya restrukturisasi ini senilai 150 juta euro.


"Program in diluncurkan agar kami bisa lebih fokus, efisien, dan lebih profitable. Jika pelaksanaan program ini sukses, maka akan ada perbaikan kinerja yang kritikal," ujar Direktur Utama interim TNT Express Bernard Bot dikutip dari Reuters, Senin (25/3/2013).


TNT pernah akan diakuisisi oleh United Parcel Service (UPS) senilai US$ 7 miliar atau Rp 66 triliun pada Januari ini, namun Komisi Uni Eropa melarangnya, karena bisa terjadi persaingan usaha yang tidak sehat.


Saat ini, TNT tidak berharap adanya tawaran akuisisi dari perusahaan rivalnya, karena larangan dari pihak Uni Eropa.


Sebelumnya, TNT berencana untuk menjual unit usahanya di Brasil dan China untuk memangkas biaya usaha ke depan. Rencana pemangkasan 4.000 karyawan tidak termasuk rencana penjualan unit usaha tersebut.


(dnl/ang)