BUMN Semen Indonesia Pasok 27 Juta Ton Semen di 2013

Jakarta - Produsen semen pelat merah, PT Semen Indonesia Tbk menargetkan bisa memproduksi 27 juta ton semen di 2013. Perseroan telah mendapat tambahan produksi dari beberapa unit pabrik sehingga produksi naik 18%.

Penambahan jumlah produksi semen ini, dihasilkan dari beroperasinya 2 pabrik semen baru di Rembang Jawa Tengah dan Sumatera Barat serta pengembangan 4 pabrik pengepakan semen (packing plant).


"Tahun ini ada dua pabrik baru, 4 packing plant, kemudian ada pengembangan ready mix (semen siap pakai)," tutur Direktur Utama Semen Indonesia, Dwi Soetjipto kepada wartawan usai acara diskusi semen di Kantor Pusat Bisnis Indonesia, Jakarta, Senin (25/3/2013).


Tahun 2012, Semen Indonesia berhasil menghasilkan 22,8 juta ton semen dari anak usaha yakni Semen Tonasa, Semen Gresik dan Semen Padang. Selain itu, Dwi menjelaskan, Semen Indonesia berencana membuat dan membangun pabrik semen baru di dalam negeri dan luar negeri untuk memenuhi kebutuhan semen yang besar.


"Kalau pabrik baru, kan jalan Jateng dan Sumatera Barat. Ke depan apakah Aceh dan Kalimantan kemudian Papua. Termasuk kemungkinan Sulawesi, incar di luar, Myanmar, Vietnam dan Kamboja," cetusnya.


(feb/hen)