Ini Dia 30 Emiten Terbaik versi IICD

Jakarta - Institute for Corporate Director (IICD) telah menetapkan top 30 emiten terbaik dari total 97 emiten dalam Skor CG Tertinggi atau Corporate Governance (GC)-Scorecard.

Pembina Institute for Corporate Director (IICD) Sidharta Utama menyebutkan, dari total top 30 emiten tersebut, 10 terbaik di antaranya adalah PT Adira Dinamika Multifinance, PT Antam Tbk, Bank DPD Jabar dan Banten, Danamon, BII, Mandiri, BNI, Bank OCBC NISP, PGN, dan Telkom.


"Dari top ten itu, 3 besar berasal dari 1 perbankan non BUMN (swasta), dan 2 BUMN dengan skor antara 65-74. Kelebihan mereka lebih kepada patuh terhadap pelaksanaan pemangku kepentingan," kata Sidharta usai acara IICD 'Pengumuman Top 30 perusahaan terbuka berdasarkan ASEAN CG Scorecard', di Hotel Le Meridien, Jakarta, Senin (25/3/13).


Dia mengatakan, penilaian tersebut dilakukan pada paruh kedua 2012 terhadap laporan keuangan 2011 perusahaan masing-masing. Penilaian lain adalah soal rule of shareholders, disclosure dan transparansi, responsibility.


"Yang masuk dalam top 30 itu yang memiliki kapitalisasi pasar hampir US$ 6 miliar atau sekitar Rp 55-60 triliun. Kalau di luar top 30 itu sekitar US$ 2 miliar," paparnya.


Dia menambahkan, kecenderungan top 30 emiten berasal dari perbankan. "Dari 70 emiten, 13 adalah bank mencapai 40 persen. Padahal populasi hanya 6 persen dari seluruh bank yang ada. Setelah itu dari BUMN ada 14. BUMN dan bank adalah perusahaan-perusahaan yang more regulated," kata dia.


Penilaian itu dilakukan untuk bisa bersaing dengan seluruh perusahaan terbuka di negara ASEAN yang akan dimulai oleh 5 negara pencetus ASEAN CG-Scorecard yaitu Indonesia, Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Vietnam.


Berikut top 30 emiten :

- PT Astra Internasional Tbk (ASII)

- PT Bank Central Asia Tbk (BBCA)

- PT ANZ Panin Tbk (PANS)

- PT Bank Permata Tbk (BNLI)

- PT Bank Tabungan Pensiun Nasional Tbk (BTPN)

- PT Garuda Indonesia Airlines Tbk (GIAA)

- PT Indosat Tbk (ISAT)

- PT Kalbe Farma Tbk (KLBF)

- PT Timah Tbk ( TINS)

- PT Wijaya Karya Tbk (WIKA)

- PT ABM Investama Tbk (ABMM)

- PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN)

- PT CIMB Niaga Tbk (BNGA)

- PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI)

- PT Bukit Asam Tbk (PTBA)

- PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG)

- PT Jasa Marga Tbk (JSMR)

- PT Medco Energi Internasional Tbk (MDCO)

- PT Semen Indonesia Tbk (SMGR)

- PT XL Axiata Tbk (EXCL)

- PT Adira Dinamika Multifinance Tbk (ADMF)

- PT Aneka Tambang Tbk (ANTM)

- PT Bank DPD Jabar dan Banten Tbk (BJBR)

- PT Bank Danamon Tbk (BDMN)

- PT BII Tbk (BNII)

- PT Bank Mandiri Tbk (BMRI)

- PT BNI Tbk (BBNI)

- PT Bank OCBC NISP Tbk (NISP)

- PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS)

- PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM)


(ang/ang)