Lepas 40 Kontainer Bawang Putih, Pemerintah Yakin Harganya Bakal Turun

Jakarta - Sejak Jumat lalu sebanyak 40 kontainer bermuatan bawang putih di Pelabuhan Tanjung Priok telah dilepas ke pasar. Hal tersebut sudah berdampak pada menurunnya harga bawang putih di beberapa pasar tradisional.

"Kementerian Perdagangan dan Kementerian Pertanian sudah duduk bersama dan sudah mengidentifikasi permasalahan yang terkait tertahannya 500 lebih kontainer bermuatan bawang putih di Tanjung Priok," kata Menteri Perdagangan Gita Wirjawan dalam konferensi pers di Kantor Kementerian Perdagangan, Senin (18/3/2013).


Dikatakan Gita, berdasarkan identifikasi kedua Kementerian tersebut, sebanyak 332 kontainer bermuatan bawang putih telah memenuhi persayaratan perizinan seperti Rekomendasi Impor Produk Hortikultura (RIPH) dan SPI (Surat Persetujuan Impor).


"Ada 332 kontainer bermuatan bawang putih sudah teridentifikasi memiliki persyaratan seperti RIPH dan SIP sehingga bisa dikeluarkan dan dilempar ke pasar," ucap Gita.


Dari 332 kontainer tersebut Pemerintah sudah mengeluarkan 40 kontainer bawang putih untuk dilepas ke pasar dan sisanya akan kembali dilepas secara bertahap.


"Dilepasnya 40 kontainer sejak hari Jumat lalu tersebut sudah berdampak pada turunnya harga bawang putih dibeberapa pasar tradisional hari ini," tandas Gita.


(rrd/dru)