Bos BCA Kagum Alfamart Bisa Bangun 1.000 Gerai Per Tahun

Jakarta - Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Jahja Setiaadmadja berpandangan ekonomi Indonesia masih kuat dan akan terus tumbuh positif beberapa tahun ke depan. Hal ini ditandai dengan masih tumbuhnya beberapa sektor terutama retail seperti minimarket.

"Kita optimistis perekonomian terus tumbuh hingga 6% lebih," jelas Jahja dalam sebuah temu editor media di Kantornya, Menara BCA, Rabu (15/5/2013).


"Dalam hal bisnis retail misalnya. Kita sudah bertemu dengan beberapa peritel besar. Dan hebatnya seperti Alfamart dan Indomaret itu bagus sekali bisa bangun gerai hingga 1.000 lebih per tahunnya," imbuh Jahja.


Per hari, sambung Jahja, Alfamart itu bisa membangun dan meresmikan 3 gerai. Selain itu, ekspansinya cukup hebat hingga bisa keluar Jawa seperti Kalimantan.


Selain retail, sektor lain yang menurut Jahja cukup positif yakni penjualan ponsel dan pulsanya. "Marketnya itu mencapai Rp 40 triliun dalam setahun untuk ponsel sedangkan pulsa-nya mencapai Rp 80 triliun. Itu besar sekali," terang Jahja.


Dari sektor otomotif, Jahja menyampaikan perusahaan besar seperti Astra mampu memproduksi mobil hingga 1,2 juta. "Ini juga sektor yang terus tumbuh," tuturnya.


(dru/hen)