Jero: Tak Dilarang Punya 5 AC di Rumah, Tapi Listrik Tak Disubsidi

Jakarta - Menteri ESDM Jero Wacik menyatakan, pemerintah tidak melarang masyarakat untuk memiliki banyak AC atau pendingin ruangan di rumahnya. Asalkan listriknya tidak pakai yang bersubsidi.

"Pemerintah itu tidak melarang orang punya 5 AC, punya 5 mobil, tapi asalkan listriknya tidak pakai yang subsidi," kata Jero ketika ditemui usai menghadiri 37th Indonesian Petroleum Association (IPA) di Jakarta Convention Center, Rabu (15/5/2013).


Dikatakan Jero, saat ini seperti di Jawa-Bali, konsumsi listrik terus meningkat. Bahkan dalam kondisi beban puncak, di Jawa-Bali sampai harus ada wilayah yang dipadamkan.


"Jawa-Bali itu jika beban puncak harus ada wilayah yang harus dipadamkan, karena itu perlu adanya tambahan kapasitas listrik terus setiap tahunnya, karena pikiran saya Indonesia tidak akan pernah berlebih listrik, maka itu harus terus ditambah," jelas Jero.


Kata Jero, mulai dari PLTU (batubara), geothermal, sampai gelombang laut akan terus dikembangkan untuk menambah pasokan listrik di Indonesia.


"Kita terus dorong, seperti Geothermal, gelombang laut, sampai batubara akan kita permudah perizinannya, apalagi saat ini kita sudah ada teknologi carbon capture yang bisa menangkap CO2 sehingga tidak lagi mencemari lingkungan," tandasnya.


(rrd/dnl)