Lowongan 3.000 CPNS Kemenkeu Bisa Ditambah

Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) menetapkan 3.000 lowongan CPNS baru di Kementerian Keuangan tahun ini. Jumlah ini bisa bertambah.

Menteri PAN-RB Azwar Abubakar mengatakan, jumlah lowongan CPNS Kemenkeu akan ditambah, karena Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak dan Ditjen Bea Cukai mebutuhkan banyak pegawai baru.


"Sudah ditetapkan 3.000 pegawai baru, nanti kita pertimbangkan lagi untuk ditambah, tapi berapanya kita lihat besok lusa, kita bicarakan mengenai permintaan mereka yang 9.000 CPNS," ujar Azwar Abubakar saat ditemui di Kantor Kemenko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, Senin (29/7/2013).


Untuk tahun ini, lanjut Azwar, telah ditetapkan sebanyak 60 ribu CPNS yang akan diterima. Tes akan dimulai pada Oktober, sementara pengangkatannya dilakukan pada Desember 2013.


"Tahun ini 60 ribu, Oktober tes kemampuan, Desember pengangkatan," jelasnya.


Sebelumnya, Kementerian Keuangan meminta tambahan sekitar 6 ribu CPNS pada tahun ini. Pasalnya, dari 9 ribu CPNS yang diajukan, Kementerian PAN-RB baru menyetujui 3 ribu CPNS. Penambahan pegawai ini untuk mengisi kekurangan pegawai di Ditjen Pajak dan Ditjen Bea Cukai. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan penerimaan negara melalui Ditjen Pajak dan Bea Cukai.


(nia/dnl)