RI Punya Pabrik Kabel Terbaik se-ASEAN, Siap Bertarung di Pasar Bebas

Jakarta - Indonesia mempunyai perusahaan produsen kabel terbaik di kawasan ASEAN. Di sektor ini, Indonesia siap bertarung dalam pasar bebas ASEAN yang akan berlaku 2015.

Hal ini terungkap hasil kungjungan Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurti ke PT Supreme Cable Manufacturing Commerce Tbk (Sucaco) yang merupakan produsen kabel tertua di Indonesia.


"Tinjauan ini dalam rangka kesiapan kita menghadapi AEC 2015. Salah satu produk yang dipersyaratkan adalah kabel dan alat-alat elektrik. Kenapa perusahaan ini, karena perusahaan ini ternyata itu adalah salah satu yang terbaik di ASEAN," kata Bayu saat meninjau pabrik Sucaco di Daan Mogot, Jakarta Barat, Senin (29/7/2013)


Ia menyatakan, pengakuan itu sudah dilontarkan oleh negara-negara di Asia Tenggara. Salah satu alasannya adalah standarisasi produk yang sudah tergolong standar Internasional.


"Untuk produk sebenarnya standar ASEAN itu memiliki standar yang tinggi. Tapi saya yakin kita sangat siap. Kita sudah dapat pengakuan secara standarisasi dari negara-negara kawasan," jelas Bayu.


Bayu menuturkan, saat beberapa perusahaan kabel di dunia menghentikan produksinya ketika terkena krisis, Sucaco tetap dengan pertumbuhan ekspornya. Terutama untuk negara Jepang dan negara-negara di Timur Tengah. "Saat ini perusahaan di dunia berhenti, kita tetap ekspor ke Jepang, Timur Tengah dan memenuhi standar tersebut. Jadi untuk elektrical, ini saya anggap mampu bersaing untuk AEC," ujarnya.


Namun secara ekspor impor, Bayu menuturkan Sucaco lebih banyak melayani kebutuhan dalam negeri. Ini seiring dengan meningkatkan pertumbuhan ekonomi domestik.


"Perusahaan ini sangat kecil sekali mengekspor. Karena kebutuhan dalam negerinya juga tinggi dan besar," pungkasnya.


(dnl/dnl)