Banyak Saham Dilepas, IHSG Merosot 102 Poin

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) merosot 102 poin karena banyaknya saham yang dilepas investor. Investor keluar sejenak dari lantai bursa dengan melepas saham unggulan dan lapis dua.

Sementara nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) ditutup melemah di posisi Rp 11.515 per dolar AS dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan kemarin di Rp 11.470 per dolar AS.


Mengawali perdagangan pagi tadi, IHSG dibuka turun 9,976 poin (0,22%) ke level 4.552,881 terkena imbas melemahnya bursa global. Ketidakpastian The Federal Reserve akan program stimulusnya membuat pelaku pasar kebingungan.


Indeks sempat balik arah positif meski poinnya tidak terlalu tinggi. Setelahnya indeks bergerak fluktuatif dalam rentang yang tipis.


IHSG hanya menghabiskan sedikit waktu di zona hijau, setelah naik hingga 4.574,577 langsung jatuh ke zona merah sampai penutupan perdagangan sesi pagi.


Pada penutupan perdagangan sesi I, IHSG berkurang 41,252 poin (0,90%) ke level 4.521,605 kompak jatuh bersama bursa-bursa di Asia. Pelaku pasar mengamankan portofolio dengan melepas saham sampai situasi bursa global lebih kondusif.


Tekanan jual terus terjadi membuat pelaku pasar melepas saham dalam jumlah cukup banyak. Hal ini membuat indeks sempat jatuh hingga posisi terendahnya hari ini di 4.443,408.Next


(ang/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!