Beli BBM Subsidi Bakal Diwajibkan Pakai Kartu, Bisa Dibeli di Bank

Jakarta - Pemerintah saat ini sedang mematangkan sistem pembelian BBM subsidi wajib menggunakan kartu, dan tak boleh lagi dengan uang tunai. Kartu pembelian BBM subsidi bisa didapatkan di sejumlah bank.

"Saat ini untuk mendapatkan Kartu Fasilitas BBM subsidi nantinya bisa dari bank," ujar Anggota Komite Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) Ibrahim Hasyim saat dihubungi, Selasa (24/9/2013).


Ibrahim mengatakan, Kartu Fasilitas BBM subsidi ini nantinya sama seperti kartu e-toll card atau kartu e-money yang bisa didapatkan di bank.


"Kartunya dari bank dulu, nanti perkembangannya bisa didapat di mana saja, bisa di minimarket atau di SPBU yang memang sudah bekerjasama dengan bank penerbit kartu," ungkapnya.


Ibrahim menambahkan, pembelian wajib non tunai ini hanya berupa kartu tidak berupa voucher. "Kemarinkan katanya ada juga yang bisa pakai voucher, tapi sepertinya tidak, semuanya pakai kartu," katanya.


Saat ini, ujar Ibrahim, ada sejumlah bank yang sudah siap menerapkan sistem kartu pembelian BBM subsidi ini. "Bank ada Bank Mandiri, BRI, dan lainnya sudah siap, mereka kan saat ini saja sudah banyak di SPBU-SPBU, tinggal ditambah saja fasilitasnya," ujar Ibrahim.


Namun belum jelas kapan aturan ini akan dilaksanakan, ada wacana, aturan ini bisa diterapkan mulai Oktober 2013.


(rrd/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!