BUMN Ini akan Bangun Berbagai Jenis Monorel di Indonesia

Jakarta -Badan Usaha Milik Negara (BUMN) punya berbagai proyek infrastruktur untuk membantu mengatasi berbagai keterbatasan infrastruktur. Salah satunya adalah proyek kereta monorel.

Proyek ini digarap dan diusulkan oleh PT Adhi Karya Tbk (ADHI). Untuk pengembangan dan pembiayaan monorel, Adhi Karya menggandeng konsorsium BUMN.


Proyek monorel yang dikembangkan antara lain kereta monorel penumpang Jabodetabek (Jakarta Link Transportation), kereta monorel angkutan kontainer atau Automated Container Transporter (ACT) di Pelabuhan Tanjung Perak dan kereta monorel bandara atau Automatic People Mover System (APMS) di Bandara Soekarno Hatta.


"Kita mengembangkan 3 tipe monorel. Tapi yang dalam waktu dekat bisa dimulai adalah APMS," kata Corporate Secretary Adhi Karya, M. Aprindy kepada detikFinance Senin (2/6/2014).


Untuk proyek monorel Jabodetabek, Adhi Karya akan membangun monorel dari pusat pemukiman dan semburan kendaraan menuju daerah Jakarta. Monorel fase I sepanjang 39,03 kilometer (km) akan dibangun dari Cibubur-Cawang, Bekasi Timur-Cawang dan dari Cawang dibawa ke Kuningan di Jakarta Selatan.


Di sini, monorel Jabodetabek akan terhubung dengan monorel dalam kota. Untuk proyek ini, Adhi Karya merancang kereta yang mampu membawa penumpang hingga 450.000 per hari.


Namun proyek ini sedikit tertunda karena masih menunggu peraturan presiden penugasan sebagai payung hukum meskipun proyek tidak memakai Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Next


(feb/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!