Bak Orang Kantoran, PRT di Hong Kong Libur Sabtu-Minggu

Hong Kong -Hong Kong menjadi salah satu wilayah tujuan buruh migran Indonesia. Kebanyakan dari mereka adalah kaum wanita berumur 20 sampai jelang 40 tahun.

TKI, begitu mereka biasa disebut, selalu berkumpul hari Sabtu atau Minggu di sebuah kawasan di Hong Kong bernama Victoria Park. Ribuan dari mereka setiap hari libur selalu berkumpul. Kegiatannya bermacam-macam ada yang berjualan makanan, menyewakan buku, atau hanya bercengkrama dengan teman sekampung di Indonesia.


Di beberapa sudut kawasan ini, mereka tak hanya berkumpul di satu titik. Di depan pertokoan, di trotoar, pinggir jalan, lapangan mereka selalu menikmati hari liburnya ini untuk berkumpul di Victoria Park. Lembaran kertas koran atau tikar mereka hamparkan dari pagi hingga menjelang senja.


"Di sini enaknya PRT (Pembantu Rumah Tangga) kayak orang Indonesia di kantoran, Sabtu Minggu itu libur, tanggal merah libur juga. Nggak kerja sama sekali ya libur. Majikan nggak ngasih kerja," ungkap Rian, salah satu TKI asal Cilacap, Jawa Tengah kepada detikFinance di Sugar Street, Hong Kong, Minggu (1/6/2014).


Bagi seseorang yang sering berkunjung ke Hong Kong, fenomena TKI berkumpul di Victoria Park sudah sangat biasa. Namun bagi pendatang yang baru berwisata ke Hong Kong, fenomena itu cukup menarik.


Hebatnya, pemerintah Hong Kong mentoleransi keberadaan ribuan TKI di kawasan Victoria Park saat hari libur. Walaupun jalanan yang biasanya terlihat tertib dan rapi berubah menjadi semrawut.


Para TKI di Hong Kong sudah mulai beradaptasi dengan orang-orang setempat dalam hal gaya pakaian. Di antara mereka terlihat mereka menggunakan rok pendek, gaya rambut masa kini plus cat warna warni, sepatu bermerek, lengkap dengan jari-jari yang memegang erat ponsel. Aksesoris seperti anting, gelang, kalung, dan bulu mata palsu mereka pasang. Namun ada juga yang bertahan dengan gaya berpakaian ketimurannya.Next


(zul/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!