Ini Dia Sosok Penasihat Energi Alternatif Prabowo

Jakarta -Partai Gerindra yang mengusung calon presiden Prabowo Subianto mempunyai satu orang penasihat program energi terbarukan atau energi alternatif, yang bisa mengurangi ketergantungan BBM. Siapa dia?

Adalah Ketua Yayasan Masarang Willie Smits yang telah ditunjuk sebagai penasihat program energi terbarukan Partai Gerindra.


Pria kelahiran Weurt, Gelderland, Belanda 22 Februari 1957 ini adalah seorang ahli kehutanan, ahli mikrobiologi, pelestari alam, aktivis hak-hak binatang, dan kewirausahaan nasional.


Smits hadir di Indonesia pada 1980 dan menetap di Indonesia sejak 1985. Sejak saat itu dia telah menjadi warga negara Indonesia.


Di 1980, Smits pertama kali mengenal pohon aren di Tomohon, Sulawesi Utara. Dari penelitiannya selama bertahun-tahun Smits menemukan bahwa phon aren adalah pohon paling produktif menghasilkan energi.


"Penelitian saya menunjukkan bahwa tidak ada pohon yang dapat menghasilkan jumlah bahan bakar alternatif lebih dari pohon aren," tutur Smits dalam paparannya pada acara sarasehan bertajuk 'Kedaulatan Energi Syarat Mutlak Ketahanan Bangsa' di Hotel Sahid, Jakarta, Senin (2/6/2014).


Pada paparannya tersebut, Smits menyebutkan pohon aren ini benar-benar harta karun.Next


(dnl/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!