Menkeu: Masyarakat Tak Akan Rewel Bayar Pajak, Kalau Kepercayaan Tinggi

Jakarta -Salah satu faktor minimnya penerimaan pajak adalah karena tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak masih rendah, sehingga masyarakat masih enggan membayar pajaknya. Untuk itu, perlu dikembalikan tingkat kepercayaan tersebut.

"Saya yakin masyarakat tidak akan rewel membayar pajak kalau trust (tingkat kepercayaan di pajak tinggi, mudah-mudahan di bawah pimpinan baru trust itu bisa terbentuk," ungkap Bambang di kantor pusat Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan, Jl. Gatot Subroto, Jakarta, Senin (1/12/2014).


Untuk itu, Bambang meminta kepada para pihak terkait untuk sama-sama meningkatkan kepercayaan terhadap masyarakat atas kinerja Ditjen Pajak.


Bambang juga tengah mempertimbangkan untuk membentuk LSM untuk bisa menggenjot penerimaan pajak. LSM ini nantinya menjadi wadah orang-orang yang bertugas mengawal penerimaan pajak negara.


Fuad Rahmany, mantan Dirjen Pajak juga diminta memberikan ide dalam pembentukan LSM ini.


"Ada yang mau membuat semacam LSM yang advokasinya mendorong orang bayar pajak, sadar pajak, jadi bukan aparat pajak yang memberikan sosialisasi, bahwa bayar pajak adalah kewajiban. Jadi tugas mendorong penerimaan pajak tidak hanya pemerintah tapi menjadi kesadaran seluruhnya. Pak Fuad juga boleh memberikan ide-ide untuk ini," terangnya.


Lebih jauh dia menjelaskan, dalam menjalankan tugasnya sebagai Dirjen Pajak, harus terbebas dari berbagai macam intervensi.Next


(drk/dnl)