CT: Jika Gagal dalam Berusaha, Teruskan Sampai Gagal itu Capek

Jakarta - Kegagalan dalam menjalani usaha selalu menjadi hantu bagi para pengusaha. Banyak gagal yang dianggap sebagai titik akhir dari sebuah usaha dan menutup kemungkinan untuk berusaha kembali.

CEO CT Corp Chairul Tanjung mengingatkan secara tegas hal tersebut. Menurutnya, gagal 1 atau 2 kali bukan sebuah alasan usaha itu berhenti. Ia meminta teruslah berjuang sampai gagal itu tidak lagi mendekati.


"Jadi kalau begini gagal, coba lagi gagal, coba terus gagal lagi, sampaikan coba dan diusahakan yaitu sampai gagal nya capek," ungkapnya dalam Diskusi Entrepreneurship di Gedung Smesco, Jalan Gatot Subroto, Minggu (17/3/2013)


Ia mengatakan, bangkit dari gagal merupakan sebuah pembelajaran. Jadi, menurutnya individu akan dapat mencari celah untuk gagal tidak mendekati usahanya.


"Itu karena kita makin lama makin pintar mengatasi kegagalan," ungkapnya.


Selain itu, Chairul mengatakan tidak ada batasan waktu untuk melakukan usaha. "1 tahun nggak cukup 2 tahun, nggak cukup 5 tahun, nggak cukup lagi 10 tahun. Sampai dengan hasilnya duit," pungkasnya.


Ia menjelaskan, sesuatu yang terjadi hari ini tidak akan terlepas dari hari sebelumnya. Maka dari itu, gagal hari ini akan berpengaruh dalam merencanakan langkah selanjutnya.


"Kalau kita tidak kuat menghadapi tekanan maka kita tidak akan sukses. Kuat mental dan kuat fisik juga dan kedua tidak gampang menyerah," tutup Chairul.


(dru/dru)