Oktober Tahun Ini, Kebon Jeruk-Ciledug Bakal Tersambung Tol

Jakarta - Marga Lintas Jakarta mengebut pekerjaan proyek konstruksi ruas tol Kebon Jeruk-Ulujami. Untuk ruas Kebon-Jeruk hingga Ciledug akan mulai beroperasi pada bulan Oktober tahun ini.

Hal tersebut dikemukakan oleh Direktur Utama PT Marga Lintas Jakarta, Sonhadji saat dihubungi detikFinance, Selasa (19/3/2013).


"Paket 1, 2, dan 3 kalau melihat perkembangannya seperti ini, bareng lah selesainya. Target selesai fisik, akhir Juli ini selesai, setelah itu ada uji kelaikan, dan Oktober tahun ini mudah-mudahan sudah bisa dioperasikan," jelasnya.


Perkembangan konstruksi fisik 3 seksi ruas tol ini sudah menunjukkan tren positif. Dia mengatakan, Konstruksi fisik untuk seksi 1 telah mencapai 71%, seksi 2 mencapai 77%, sedangkan untuk seksi 3 sudah mencapai 62%.


"Paket (seksi) 4 ini masih 17%, karena masih ada persoalan lahan yang belum terselesaikan," tambahnya.


Untuk seksi 4 sendiri, lanjut Sonhadji masih banyak persoalan terkait masalah tanah. Setidaknya ada lebih dari 130 bidang tanah yang belum terbebaskan. Namun, dia tidak menyebutkan secara rinci terkait sulitnya pembebasan lahan tersebut.


"Mudah-mudahan cepat selesai," lanjutnya.


Dengan rampungnya 3 seksi yang menghubungkan Kebon Jeruk-Ciledug Raya, dia mengatakan, setidaknya dapat meminimalisir adanya kepadatan, dan memudahkan beberapa akses ruas jalan. Namun, tidak begitu berpengaruh secara signifikan dalam mengatasi kemacetan.


"Kalau sampai Ciledug ini tidak terlalu signifikan. Kalau sampai Ulujami itu baru signifikan, kata para ahli itu dapat meminimalisir hingga 30% kemacetan," pungkasnya.


Seperti diketahui, jalan Tol JORR W2 ini memiliki panjang jalan 7,67 Km, PT Marga Lintas Jakarta adalah anak usaha dari PT Jasa Marga selaku pemegang konsesi atas ruas tol ini. Total investasi untuk ruas tol ini menelan dana Rp 2,2 triliun.


(zul/ang)