Jasa Marga Siap Buka 3 Tol Baru Tahun Ini

Jakarta - Perusahaan investor dan pengelola jalan tol, PT Jasa Marga Tbk (JSMR) akan mengoperasikan 3 ruas tol baru di 2013. Ruas tersebut diantaranya jalan tol Bali rute Bandara Internasional Ngurah Rai, Nusa Dua-Benoa, JORR W2 dan Semarang-Solo.

"Ngurah Rai-Nusa Dua-Tanjung Benoa bisa selesai bisa tahun 2013. Secara fisik semua seksi sudah selesai di atas 90%. Sebelum APEC bisa operasikan (Oktober)," papar Direktur Utama PT Jasa Marga Adityawarman kepada wartawan usai RUPST di Hotel Dharmawangsa Jakarta Selatan, Senin (29/4/2013).


Ruas kedua, emiten BUMN berkode JSMR ini optimis bisa mengoperasikan tol Semarang-Solo yakni seksi ruas Ungaran-Bawen. "Ini bisa dibuka 2013 karena tanah sudah dibuka atau dibebebaskan semua. Ruas ini bisa dioperasikan 2013," tambahnya.


Untuk ruas tol ketiga, perseroan siap membuka ruas tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) seksi W2 dari Kebon Jeruk-Ciledug-Ulujami di DKI Jakarta, meskipun masih terdapat persoalan pembebasan lahan.


"W2 utara, tahun 2013 bisa operasikan dari Kebon Jeruk-Ciledug. Ini seharusnya bisa sampai Ulujami, tapi yang dari Ciledug sampai Ulujami masih ada masalah pembebasan tanah," katanya.


Adit mengaku, Jasa Marga mendapat amanat dari pemegang saham untuk menggeber dan menyelesaikan pengembangan proyek tol Gempol-Pandaan, Jawa Timur. Namun, pengembangan ruas ini masih terkedala pembebesan lahan sebesar 1%. Hal tersebut cukup mengganjal pengembangan ruas tol yang terletak Jawa Timur ini.


Direktur Keuangan Jasa Marga Reynaldi Hermansjah menjelaskan untuk mendukung pengembangan dan penyelesaian ruas tol tersebut, Jasa Marga akan menggelontorkan belanja modal (capex) senilai Rp 6,9 triliun.


"Capex 2012 sebesar Rp 3,5 triliun. Target tahun ini senilai Rp 6,9 triliun. Kita operasikan ruas baru sehingga capex double," tegasnya.


(feb/hen)