Banten-Jawa Barat Terhubung Infrastruktur Jalan Lintas Selatan Rp 1 Triliun

Jakarta - Sejak tahun lalu Kementerian Pekerjaan Umum mengelontorkan anggaran untuk perbaikan jalan lintas selatan yang menghubungkan selatan Jawa Barat dan Banten Selatan. Anggaran untuk memperbaiki dan membangun keterbukaan akses sisi selatan Banten-Jawa Barat tersebut menelan dana Rp 1 triliun.

"Kami anggarkan Rp 1 triliun untuk Jabar Selatan untuk menembus Banten Selatan. Sudah dianggarkan dan dijalankan harus selesai tahun ini. Ini nantinya mengkonek akses dari dan ke jalur selatan," ujar Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa saat konferensi persnya, di Kantor Pendopo Bupati Pandeglang, Banten, Minggu (28/7/2013).


Ia menjelaskan, dengan anggaran tersebut, pembangunan jalan lintas selatan ini diharapkan mampu mensejajarkan jalur selatan Jawa Barat-Banten yang selama ini tertinggal dengan jalur pantai utara (pantura) yang sudah lama berkembang.


"Alokasi Rp 1 triliun untuk infrastruktur di Jabar Selatan dan Banten Selatan, nanti akan terkonek masuk ke selatan sehingga tidak hanya terhubung di pantura tapi juga selatan," ujarnya.


Hatta mengatakan dengan dibangunnya infrastruktur ini akan memudahkan wisatawan mengakses 3 tujuan wisata utama di kawasan tersebut.


"Ada 3 tujuan wisata utama yaitu Tanjung Lesung Banten, Pelabuhan Ratu di Jabar dan Pangandaran sehingga wisatawan lebih banyak tinggal, maka daerah ini akan menjadi sangat potensial. Ini menunjukkan strategisnya Banten agar terwujud daerah pembangunan wisata," katanya.


Jalan lintas ini juga akan memudahkan jalur akses angkutan kereta api dan truk-truk besar. "Angkutan kereta api dan truk-truk tidak perlu lagi melewati pantura, dia akan melewati selatan dengan potensi yang luar biasa," kata Hatta.


(hen/hen)