Erwin Aksa Gandeng UI dan Ciputra untuk Genjot Daya Saing UMKM

Jakarta - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) menggandeng Lembaga Penelitian Ekonomi Manajemen (LPEM) Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Ciputra untuk membesarkan kapasitas dan daya saing Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia.

Langkah ini ditindaklanjati dengan penandatangan nota kesepahaman kerjasama yang berlangsung hari ini di SME Tower Jln. Gatot Subroto Jakarta.


Hadir pada kesempatan ini, Wakil Ketua Umum Kadin Bidang UKM Erwin Aksa. Erwin menjelaskan nantinya setelah kerjasama ini diharapkan mampu mempercepat petumbuhan dan pengembangan kewirausahaan agar UMKM lebih memiliki daya saing dengan pengusaha besar dan produk impor.


"MoU dengan Universitas Ciputra dan LPEM UI untuk mendorong studi dan kajian persoalan UKM di negeri ini. Harapannya bisa berkontribusi," ucap Erwin di SME Tower Jakarta, Selasa (30/7/2013).


Nantinya Universitas Ciputra dan UI selain melakukan studi dan kajian juga memfasilitasi pemanfaatan sumber daya, informasi dan sumber daya manusia yang dimiliki untuk dilakukan pendampingan usaha, pemberian bimbingan promosi serta inkubator bisnis.


"Kadin akan mengidentifikasi dan menyeleksi calon pengusaha baru atau pengusaha UMKM yang sudah ada untuk mendapatkan manfaat dari program ini," jelasnya.


Selain Erwin, hadir pada kesempatan kali ini Rektor Universitas Ciputra Tony Antonio, Ketua LPEM FE UI TM Zakir, Ketua Komite Tetap Pengembangan Kewirausahaan dan Usaha Menengah Kadin Indonesia Hendy Setiono dan Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Agus Muharram.


Agus yang mewakili Menteri Koperasi dan UKM menjelaskan pentingnya perhatian terhadap pengusaha UMKM. Menurutnya perlu upaya aktif mempersiapkan seseorang menjadi pengusaha yang bisa mencetak lapangan pekerjaan.


"Jumlah lapangan pekerjaan makin menyempit. Lowongan PNS dan karyawan makin menyempit," terangnya.


(feb/hen)