Kondisi Luar Pelabuhan Tanjung Priok Macet Parah, di Dalam Lancar

Jakarta - Kondisi lalu lintas di luar kawasan Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara masih mengalami kemacetan yang cukup parah. Tersendatnya arus lalu lintas sudah mulai terjadi dari Cilincing ke Marunda hingga masuk ke Pintu Pelabuhan Tanjung Priok.

Pantauan detikFinance di luar kawasan Pelabuhan Tanjung Priok, Selasa (30/7/2013), kemacetan lalu lintas dipicu oleh kondisi jalan yang mengalami penyempitan.


Penyempitan jalan disebabkan oleh pembangunan jalan tol dan pemasangan tiang pancang yang tepat dilakukan di tengah jalan. Ditambah kondisi jaln yang tidak 100% dalam kondisi baik. Kemudian jalur yang ada kondisinya tidak dalam posisi lurus tetapi banyak menikung. Hasilnya truk-truk kontainer sulit untuk melakukan manuver dan berjalan pelan.


"Awas, hati-hati truk besar," tegas beberapa petugas pengatur jalan.


Kemacetan terlihat cukup parah di Jalan Cakung-Cilincing dan Jampea dari arah timur menuju Priok. Jalanan didominasi truk-truk kontainer. Selain itu kemacetan juga diperparah dengan sopir angkutan umum dan pengendara kendaraan pribadi harus berebut ruang dengan truk-truk kontainer dari dan ke tempat penyimpanan kontainer.


Sementara itu, hal yang berbeda terjadi di dalam kawasan Pelabuhan Tanjung Priok. Kondisi Jalan Pasoso atau depan Kantor PT Pelindo II serta Jakarta International Container Terminal (JICT) lancar dan lengang. Sementara untuk kondisi Pelabuhan Tanjung Priok sendiri juga sepi seperti bongkar muat dan arus lalu lintas barang.


(wij/dru)