Proses Rp 1.000 Jadi Rp 1 Bakal Dibahas Setelah Lebaran

Jakarta - Pemerintah telah menyampaikan naskah akademik dan RUU Perubahan Harga Rupiah alias redenominasi. Rencananya, aturan yang akan membuat Rp 1.000 menjadi Rp 1 ini akan dibahas bersama DPR setelah Lebaran.

Menurut Harry Azhar Azis, Wakil Ketua Komisi XI DPR, legislator telah membentuk panitia khusus (pansus) untuk membahas RUU ini. "Pansus sudah dibentuk. Sekarang kan reses, nanti kita akan membahas setelah reses," katanya seperti berbincang dengan detikFinance, Senin (22/7/2013).


Masa reses DPR berlangsung mulai 15 Juli sampai 15 Agustus 2013. Artinya, setelah Lebaran pansus baru akan membahas RUU Perubahan Harga Rupiah.


Harry sendiri berpendapat akan banyak perdebatan panjang dalam pembahasan RUU redenominasi dalam pansus. "Kalau perlu kita berdebat sampai pagi," tegasnya.


Kebutuhan terhadap redenominasi, lanjut Harry, belum mendesak. "Itu cuma cara membuat rupiah seolah-olah kuat, padahal hanya make up. Fundamental rupiahnya sendiri kita tahu bagaimana," katanya.


Jika memang disetujui, Harry ingin agar redenominasi bisa dikaitkan dengan pengendalian inflasi dan nilai tukar. Kalau belum ada jaminan redenominasi bisa efektif menstabilkan inflasi dan nilai tukar, maka perdebatan akan semakin panjang.


(dru/dru)