Terbang ke Luar Negeri Saat Harga Pangan Melonjak, Ini Penjelasan Gita Wirjawan

Jakarta - Menteri Perdagangan (Mendag) Gita Wirjawan membantah dirinya tak fokus mengurus masalah lonjakan harga pangan di dalam negeri dan lebih sibuk dinas ke luar negeri.

Saat harga pangan seperti daging, cabai, bawang merah, telur, daging ayam melonjak, Gita sempat terbang ke luar negeri menghadiri acara Organisasi Perdagangan Dunia atau World Trade Organization (WTO) pekan lalu.


"Sibuk di luar apa? ngurusin sapi? Saya beberapa hari ini cukup sibuk mengurusi sapi, bawang merah, dan cabai rawit ya. Kalau ada kritik lain, silahkan diangkat, apa kesibukannya selain mengurusi sapi? ya oke wassalamualaikum," ujar Gita dengan nada tinggi saat ditemui di Kantor Kementerian Perdagangan Jakarta, Senin (22/7/2013).


Kinerja Gita belakangan ini mendapat sorotan dari masyarakat soal stabilisasi harga pangan yang melonjak menjelang Puasa. Bahkan, pada saat memimpin Rapat Terbatas di Base ops, Halim Perdanakusuma dua pekan lalu, Presiden SBY menyinggung Gita terkait dengan lambatnya birokrasi izin impor daging yang membuat pasokan daging tak bertambah, sehingga harga sulit turun.


"Saya melihat urusan dagang sapi ini masih berputar, saya berbicara dengan Menteri Perdagangan kemarin, izin di mana? Di sana, di sini. Loh orang ini negara kita sendiri kok, kalau perginya ke New York atau ke Jenewa ya pasti lama. Nggak boleh saling saling melempar, nggak boleh birokrasi terlalu lama di pertanian," papar SBY waktu itu.


Beberapa pekan lalu tepatnya 8 Juli 2013, Gita sempat menjadi panelis dalam Forum The 4th Global Review of Aid for Trade di Jenewa , Swiss. Dalam diskuso ini dihadiri oleh 43 menteri negara-negara anggota WTO dan 1.500 peserta.


(wij/hen)