Pengendara yang Tak Punya Kartu BBM Dilarang Beli Bensin Subsidi

Jakarta - Pemerintah segera menerapkan sistem baru terkait mekanisme pembelian BBM bersubsidi dengan sistem kartu Fasilitas BBM Subsidi. Sehingga bagi pengendara yang tidak punya kartu tersebut maka tidak boleh membeli BBM bersubsidi.

Hal tersebut seperti diungkapkan Wakil Menteri ESDM Susilo Siswoutomo ditemui di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (24/9/2013).


"Ya tentunya tidak bisa beli BBM subsidi," ucap Susilo.


Menurutnya bila sudah berlaku sistem baru itu, maka pemilik kendaraan yang tidak mempunyai kartu BBM subsidi maka hanya boleh membeli BBM Non subsidi seperti Pertamax dan Pertamax Plus atau Solar Non Subsidi dan sejenisnya.


"Ya kita silahkan beli BBM non subsidi, kalau non subsidi bebas, mau beli pakai uang tunai, kartu kredit, kartu ATM silakan, tapi kalau BBM subsidi wajib pakai kartu," tegasnya.


Susilo menambahkan sistem ini tentunya akan diberlakukan secara bertahap, alias tak bisa dilakukan serentak. Bulan depan, targetnya wilayah Jabodetabek jadi lokasi uji coba sistem baru ini.


"Ya kalau untuk daerah remote, ya bertahap, tunggu fasilitasnya lengkap, baru diberlakukan, kalau belum lengkap ya masih boleh pakai tunai dulu sementara waktu," katanya.


(rrd/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!