Menengok Dapur Merpati Training Centre di Surabaya

Jakarta - PT Merpati Nusantara Airlines (PT MNA) memiliki pusat pelatihan yang lokasinya di Surabaya yakni, Merpati Training Centre. Ada apa saja di balik MTC?

Merpati Training Centre (MTC) Surabaya ini letaknya di Jalan Juanda International Airport. Di gedung tersebut, selain menjadi kantor distrik Merpati Surabaya, di gedung berlantai dua tersebut juga terdapat sekolah pilot (Merpati Pilot School).


"Kalau di sini hanya materi ruangan saja. Untuk pelatihan penerbangan ada di Sumenep," ujar Capt Novi Isnurianto, General Manager Merpati Pilot School saat bincang-bincang dengan detikFinance di MTC yang dikutip Minggu (27/10/2013).


Selain materi kelas untuk calon pilot, di gedung MTC juga terdapat kelas untuk pendidikan lanjutan bagi teknisi Merpati.


Di gedung tersebut juga terdapat 3 alat simulator penerbangan pesawat yakni jenis Fokker F-27/500, CN-235 dan MA60.


"Untuk full flight simulator F-27 di dunia hanya ada di Perancis dan di Surabaya saja," kata General Manager Simulator Tri Cahyono.


Surabaya juga merupakan salah satu di dunia yang terdapat simulator MA 60. Sedangkan simulator untuk jenis CN-235 hanya ada di 5 negera.


"Kalau CN 235 ada di Korea, Turki, Spanyol, Malayasia dan Indonesia di Surabaya," tandasnya sambil menambahkan, bahwa semuanya telah bersertifikat.


(roi/dru)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!