Alat Otomatis Pengubah Suara Jadi Teks Sudah Bisa Dibuat BUMN

Jakarta -Alat perekam suara sudah banyak di jual bebas dengan harga terjangkau, namun alat yang mengubah suara menjadi tulisan atau teks masih jarang. BUMN teknologi, yaitu PT INTI (Persero) sudah bisa membuatnya dan bisa digunakan untuk kebutuhan praktis.

Alat ini namanya i-Perisalah, alat ini adalah sebuah aplikasi pembuat risalah rapat atau pidato dengan teknologi Voice to Text, yang secara otomatis akan mengkonversikan semua pembicaraan para peserta dalam rapat menjadi teks.


"i-Perisalah sudah banyak yang menggunakan, mulai dari Mahkamah Konstitusi, DPR, DPRD Jawa Barat dan Papua, Komisi Yudisial dan lainnya," ujar Humas PT INTI, Andy Nugroho kepada detikFinance, Minggu (23/2/2014).


Namun Andy tidak mengungkapkan berapa harga alat tersebut, karena i-Perisalah diperuntukkan khusus untuk pihak yang menjadikan percakapan rapat/pidato sebagai fokus utamanya.


"Dari sisi harga adalah sesuai dengan kondisi ruangan rapat masing-masing lembaga. Alat ini spesifik karena diperuntukkan untuk organisasi yang menjadikan hasil rapat adalah produk utamanya," ungkapnya.


Andy menambahkan, keunggulan i-Perisalah dapat mentranskrip setiap ucapan oleh setiap peserta rapat/pidato menjadi tulisan (teks) secara otomatis.


"Pencatatan pembicaraan dalam rapat secara berurutan, kapan, siapa pembicara dan lawan bicara. Alat ini buatan dalam negeri, dibuat oleh BPPT dan diproduksi di PT INTI," tutupnya.


(rrd/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!