BRI Anggarkan Rp 20 Miliar untuk Bank di Atas Laut

Jakarta -Untuk menjangkau layanan perbankan di daerah terpencil, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) akan memberikan layanan bank terapung. Program yang diluncurkan bank berkode BBRI itu bernama Teras Kapal.

Direktur Keuangan Bank BRI Ahmad Baiquni mengatakan peluncuran teras kapal ini diperkirakan pada semester dua tahun ini.


"Ada 4 kapal, rencananya tahun ini, cuma bulannya belum jelas, kemungkinan peluncuran Teras Kapal kira-kira semester 2. Karena kapal kan gampang mobilitasnya, saat ini kita fokus di Indonesia Timur," kata Ahmad Baiquni di kantor pusat BRI, Sudirman, Jakarta, Senin (24/2/2014).


"Untuk semantara 4 kapal dulu, nanti kita evaluasi lagi kalau ini positif bisa kita tambah. Sama seperti tahap awal Teras Mobile yang kurang dari 100 unit, sekarang sudah sekitar 300-400 unit. Kalau bus malah tidak sampai Rp 1 miliar," lanjutnya.


Ahmad menambahkan untuk merealisasikan Teras Kapal ini BRI telah menganggarkan Rp 20 miliar untuk 4 kapal. "Kita anggarkan sampai Rp 20 miliar untuk kapal ini," imbuhnya.


Lebih lanjut, Ahmad menilai, dengan Teras Kapal ini anggaran yang diperlukan jauh lebih besar dibandingkan dengan elektronik chanel atau pembuatan kantor cabang. Namun, yang penting adalah meningkatkan tingkat literasi masyarakat terhadap produk bank.


"Memang lebih mahal, tapi kita bukan hanya melihat itu. Kita melihat kalau cakupan semakin luas berarti penetrasinya meningkat lebih cepat, nanti akan kita tingkatkan dari layanan kapal menjadi kantor unit atau nanti kantor cabang pembantu," lanjutnya.


(ang/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!