Sukses di Malaysia, Insinyur RI Balik ke Tanah Air Garap Proyek MRT Jakarta

Jakarta -Para engineer alias insinyur asal Indonesia akan kembali ke tanah air setelah sukses mengerjakan proyek terowongan air raksasa di Malaysia, yaitu Selangor Raw Water Tunnel Project sepanjang 44,6 kilometer (km).

Mereka bekerja di bawah payung kontraktor Jepang yaitu Shimizu Corportion. Para insinyur ini akan terlibat dalam proyek MRT Jakarta rute bawah tanah (underground). Shimizu sendiri merupakan salah kontraktor asal Jepang yang terlibat dalam proyek MRT Jakarta.


Hal ini disampaikan insinyur asal Indonesia yang bekerja di Shimizu dan terlibat pada proyek water tunnel di Malaysia yaitu Achmad Masyuri.


"Kami di sini bekerja dengan Shimizu Corporation Japan dan Insya Allah selesai di sini, kami akan kembali ke Indonesia untuk proyej MRT Jakarta," kata Masyuri kepada detikFinance, Rabu (19/2/2014).


Bahkan menurut Masyuri, sudah ada 2 insinyur Indonesia yang telah kembali lebih awal untuk terlibat dalam proyek MRT Jakarta.


"Dua orang sudah kembali ke Indonesia untuk proyek MRT Jakarta," jelasnya.


Proyek MRT Jakarta sendiri membentang sepanjang 15,7 km, terdiri dari rute layang (elevated) sepanjang 5,9 km dan rute bawah tanah (underground) sepanjang 9,8 km.


Untuk jalur underground, kontraktor MRT Jakarta menggunakan 4 unit bor raksasa (tunnel boring machine) berdiameter 6,6 meter untuk membuat tunnel dari Bundaran Hotel Indonesia hingga Jalan Sisingamangaraja.


(feb/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!