Hatta Akui Pencapresan Jokowi Beri Sentimen Positif ke Pasar

Jakarta -Menko Perekonomian Hatta Rajasa mengakui ada sentimen positif ke pasar keuangan Indonesia setelah Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) menyatakan siap maju jadi capres di Pemilu 2014.

Menurut Hatta, sentimen positif itu lebih kepada ada calon presiden yang maju. Jadi jika ada calon presiden baru lagi yang muncul maka diharapkan bisa semakin positif.


"Realitas ada sentimen positif. Mudah-mudahan kalau ada yang mendeklarasikan lagi bisa naik lagi nilai rupiahnya," ujar Hatta di Acara Kampanye Damai Partai Politik di Monas, Jakarta, Sabtu (15/3/2014).


Hatta menambahkan, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS memang sudah menguat dalam beberapa hari terakhir. Penguatan ini tidak hanya dibantu oleh pencapresan Jokowi, tapi juga fundamentalnya yang sudah semakin baik.


"Rupiah terus menguat selama beberapa bulan ini. Ini fenomena bagus buat kita. Rupiah mencerminkan fundamentalnya," jelasnya.


Seperti diketahui, secara mengejutkan pengumuman pencapresan Jokowi oleh PDIP kemarin langsung membuat indeks harga saham gabungan (IHSG) melesat tinggi, dan nilai tukar rupiah menguat.


Pada penutupan perdagangan, Jumat (14/3/2014), IHSG ditutup melompat 152,476 poin (3,23%) ke level 4.878,643. Sementara dolar jatuh dari kisaran Rp 11.400 menjadi Rp 11.255.


(ang/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!