Pakai Kereta INKA dan Bombardier, Jakarta-Soetta Melesat 30 Menit

Jakarta -PT Kereta Api Indonesia (Persero) melalui anak usahanya yakni PT Railink tengah mengembangkan KRL Commuter rute Stasiun Manggarai di Jakarta menuju Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) di Cengkareng.

Railink saat ini tengah melakukan proses pembebasan lahan. Ditargetkan proses pembebasan lahan dan kontruksi paling cepat bisa selesai pada pertengahan tahun 2015. Saat mulai beroperasi, waktu tempuh KRL Commuter dari Bandara Soetta ke Stasiun Manggarai hanya 30 menit.


"30 menit jarak Manggarai-Bandara Soetta dengan jarak 30an kilo meter," kata Dirut PT Railink MN Fadhilah di acara diskusi perekeretaapian di Stasiun Tanjung Priok Jakarta Utara, Selasa (11/3/2014).


Diakui Fadhilah, tantangan dalam pengembangan KRL Bandara Soetta ini adalah lahan. Namun hal tersebut tengah diselesaikan oleh Railink. Fadhilah juga menjelaskan penyesuaian rute KRL Bandara Soetta dengan kereta cepat Bandara Halim Perdanakusuma-Bandara Soetta sudah tuntas. Penyesuaian rute terjadi di titik Stasiun Sudirman Baru atau dekat kantor pusat BNI.


"Ini sudah selesai. Ini penyesuaian di dekan Sudirman Baru," tuturnya.


Guna mempercepat proses pembebasan lahan, KAI telah menjalin kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Banten. Fadhilah menambahkan saat beroperasi, KRL Bandara Soetta akan dilayani minimal oleh 10 rangkaian kereta (train set). Setiap 1 train set terdiri dari 6 kereta dengan kapasitas 250 penumpang per rangkaian.


"Kemungkinan kita pakai kereta dari INKA dan konsorsium Bombardier," jelasnya.Next


(feb/dru)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!