Ini Respons Cathay Pacific Terkait Hilangnya Pesawat MAS MH370

Jakarta -Sudah 6 hari armada Boeing 777-200ER milik Malaysia Airlines hilang dari penerbangan rute Kuala Lumpur menuju Beijing. Boeing 777 dengan kode penerbangan MH370 hilang dari pengawasan sejak Sabtu lalu.

Apa respons maskapai dunia atas musibah yang menimpa Malaysia Airlines?


Maskapai asal Hong Kong yakni Cathay Pacific menilai musibah yang menimpa Malaysia Airlines tidak berdampak terhadap penurunan penumpang.


"Terkait musibah Malaysia Airlines, yang saya ketahui belum ada pengaruhnya terhadap penurunan jumlah penumpang Cathay Pacific," kata Country Manager Cathay Pacific untuk Indonesia, Patton Chan saat acara pemaparan kinerja di Rumah Makan Seribu Rasa, Jakarta Pusat, Kamis (13/3/2014).


Meski tidak ada pengaruh terhadap penurunan penumpang, menurut Chan, Cathay Pacific berupaya meningkatkan keamanan dan keselamatan penerbangan.


"Kita meningkatkan keamanan. Karena keselamatan dan keamanan penting di penerbangan. Hampir sepuluh tahun, terjadi peningkatan keamanan di bandara-bandara. Memang penumpang awalnya merasa keberatan," jelasnya.


Chan menjelaskan Cathay Pacific tidak memiliki dan mengoperasikan pesawat tipe pesawat Boeing 777-200ER yang digunakan Malaysia Airlines saat insiden Sabtu kemarin. Cathay Pacific mengoperasikan Boeing 777 varian berbeda yakni 777-200.


"Kalau sejenis kita nggak punya," sebutnya.


Selain itu, Chan mengaku pasca insiden yang dialami Malaysia Airlines memang ada kompensasi yang diberikan maskapai kepada korban. Namun Chan enggan memberikan seberapa besar kompensasi yang biasa diberikan kepada korban luka dan meninggal dunia di Cathay Pacific.


"Kita berikan tergantung kepada insiden," jelasnya.


(feb/dru)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!