Kemenhub Hanya Berikan 3 Kali Subsidi BBM Penerbangan Perintis

Makassar -Pada tahun ini Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membangun sejumlah rute penerbangan perintis di seluruh wilayah Indonesia. Nantinya maskapai yang menang tender tersebut hanya disubsidi 3 kali oleh pemerintah.

"Untuk rute Makassar-Mamasa tiket setelah disubsidi hanya Rp 234 ribu yang artinya 2/3 ditanggung pemerintah, 1/3 dikenakan penumpang secara bertahap," ujar Kasubdit Perhubungan Udara Tidak Niaga Berjadwal, Musdalifah Muslimah di Makassar, Selasa (11/3/2014).


Menurutnya pencabutan subsidi tersebut akan dilakukan secara bertahap. Jika dalam perkembangan terjadi peningkatan penumpang, sehingga maskapai harus meminta penambahan jadwal penerbangan.


"Maka subsidi tersebut akan dikurangi, sehingga beban tiket yang dibayar 1/3. Itu pengurangan subsidi dilakukan bertahap agar masyarakat tidak kaget dengan perubahan tiketnya," jelasnya.


Kendati begitu pemerintah hanya melakukan 3 kali subsidi biaya operasi penerbangan. Selepas itu biaya akan kembali menjadi harga normal.


"Jika frekuensi penerbangan sudah lebih dari 3 kali maka yang ke empat akan dikembali menjadi harga reguler. Sederhananya jika sudah ada pesawat komersil yang masuk maka subsidi pesawat perintis akan dicabut," ungkapnya.


(edo/dru)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!